Tentang Prodi


Program studi Teknologi Industri Pertanian S1 Universitas Dharma Andalas (Prodi  S1 TIP-UNIDHA)  merupakan disiplin ilmu  yang menitik beratkan pada bidang teknologi pengolahan tanaman unggulan Sumatera Barat dan industri pertanian . Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga manajer dalam bidang industri pertanian (agroindustri). Hal ini meliputi manusia, bahan hasil pertanian, teknologi informasi, peralatan dan energi pada kegiatan industri pertanian untuk mencapai hasil yang optimal. Disiplin ini menerapkan matematika, fisika, kimia/bikomia, rekayasa proses, ekonomi, prinsip-prinsip dan metologi dalam menganalisis dan merancang agar mampu memperkirakan dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sistem industri pertanian.

Berpedoman kepada  Peraturan   Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Republik  Indonesia  Nomor  49  Tahun  2014  tentang  Standar  Nasional  Pendidikan Tinggi  (SN-DIKTI). Program pendidikan yang membekali mahasiswa memenuhi  capaian  pembelajaran  sesuai  scientific  vision  dan kebutuhan dunia kerja. Kurikulum Prodi S1 TIP-UNIDHA khususnya dirancang sedemikian rupa sehingga setiap mahasiswa memiliki kompetensi di bidang teknologi industri pertanian, mampu bersaing di tingkat global, dan mampu mengembangkan keilmuan secara profesional sehingga menghasilkan  SDM yang mampu memberikan kontribusi dan peranannya di kalangan masyarakat lokal, nasional.

Pencapaian pembelajaran Prodi S1 TIP-UNIDHA mengacu kepada  Peraturan   Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Republik  Indonesia  Nomor  49  Tahun  2014  tentang  Standar  Nasional  Pendidikan  Tinggi  (SN-DIKTI). Dimana unsur  capaian  pembelajaran  mencakup: sikap  dan  tata  nilai,  kemampuan,  pengetahuan,  dan  tanggung  jawab/hak.  Pencapaian pembalajaran pada program studi Teknologi Industri Pertanian dilakukan dengan mengadakan proses pembelajaran dengan teori yang dilengkapi dengan praktek sehingga mahasiswa penguasai, mengaplikasikan  ilmu pengetahuan dan teknologi  dalam bidang pengolahan hasil pertanian khususnya tanaman unggulan Suatera Barat dan industri pertanian. Disamping itu mahasiswa juga  memiliki jiwa kewirausahaan dan membangun jaringan kerja.

Proses pencapaian pembelajaran juga didukung dengan kegiatan praktek kerja lapangan dan kuliah kerja nyata sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasai dalam berbagai bidang industri pertanian yang dapat memberikan pengalaman dalam bidang industri pertanian. Proses pendidikan dan kegiatan praktek dilapangan akan membentuk keterampilan mahasiswa yang ditunjang dengan kegiatan-kegiatan pelatihan yang berkaitan dengan teknologi pengolahan pertanian khususnya tanaman unggulan Sumatera Barat dan agroindustri.

Diharapkan Civitas akademik berperan dalam kecerdasan bangsa demi mewujudkan Sumber daya manusia yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pengolahan tanaman unggulan Sumatera Barat dan manajer agroindustri sesuai dengan visi dan misi Universitas Dharma Andalas.