Sambutan Kaprodi


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera,

Selamat datang di Website Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian Universitas Dharma Andalas, Padang.

Program studi S1 Teknologi Industri Pertanian Universitas Dharma Andalas (Prodi  S1 TIP-UNIDHA) merupakan disiplin ilmu yang menitik beratkan pada perancangan, perencanaan, pengembangan, evaluasi dalam bidang teknologi pengolahan dan agroindustri. Keberadaan Prodi S1 TIP-UNIDHA menjadikan program studi pertama yang ada di Sumatera Barat. Hal ini merupakan salah satu wadah dalam mengahasilkan tenaga ahli di bidang teknologi dan industri pertanian yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan potensi sumber daya yang ada di Sumatera Barat.

Prodi S1 TIP-UNIDHA khususnya dirancang sedemikian rupa sehingga setiap mahasiswa memiliki kompetensi di bidang teknologi industri pertanian, mampu bersaing di tingkat global, dan mampu mengembangkan keilmuan secara profesional sehingga menghasilkan  SDM yang mampu memberikan kontribusi dan peranannya di kalangan masyarakat lokal dan nasional.  Sistem pembelajaran disusun sesuai dengan tujuan program studi dengan memperhatikan kurikulum yang berlaku secara nasional. Oleh karena itu berpedoman kepada  Peraturan   Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Republik  Indonesia  Nomor  49  Tahun  2014  tentang  Standar  Nasional  Pendidikan Tinggi  (SN-DIKTI).

Pencapaian pembelajaran pada Prodi S1 TIP-UNIDHA dilakukan dengan mengadakan proses pembelajaran dengan teori yang dilengkapi dengan praktek sehingga mahasiswa penguasai, mengaplikasikan  ilmu pengetahuan dan teknologi  dalam bidang pengolahan hasil pertanian khususnya tanaman unggulan Sumatera Barat dan agroindustri. Proses pencapaian pembelajaran juga didukung dengan kegiatan praktek kerja lapangan dan kuliah kerja nyata sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasai dalam berbagai bidang agroindustri yang dapat memberikan pengalaman dalam bidang agroindustri. Hal ini juga mendorong mahasiswa  memiliki jiwa kewirausahaan dan membangun jaringan kerja.

Dengan demikian Prodi S1 TIP-UNIDHA diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola sumberdaya alam khususnya di Sumatera Barat dalam menciptakan produk yang memiliki daya saing serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada masyarakat dengan mengembangkan Industri Pertanian. Selanjutnya ikut serta dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui tridarma pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Semoga selalu dalam Rahmatan lilalamiin. Semangat Berkarya dan berinovasi.

 

Wassalam

Padang,  Januari 2017

Ka.Prodi Teknologi Industri Pertanian

 

 

Prof.Dr.Ir. H. Isril Berd.SU