Opening Hours Mon to Fri - 10.00 AM to 7.00 PM
Sat - 10.00 AM to 4.00 PM
Call Us +6285363055878 +6285263335411
Email Us tip@unidha.ac.id

PKL

Prosedur PKL

  1. Mengajukan surat permohonan tempat PKL yang ditandatangani oleh dosen pembimbing PKL yang diteruskan ke Ka prodi TIP
  2. Prodi mengeluarkan surat permohonan pelaksanaan PKL ke perusahaan/instansi yang ditandatangani oleh Ka prodi Teknologi Industri Pertanian.
  3. Mengajukan Surat Pengantar Pelaksanaan PKL kepada perusahaan/instansi yang telah di tandatangani Kaprodi, setelah mahasiswa mendapat surat balasan yang menyatakan mereka diterima untuk melaksanakan kegiatan PKL di perusahaan tersebut.
  4. Penunjukan Dosen Pembimbing PKL oleh Ketua Prodi.
  5. Sebelum keberangkatan mahasiswa dengan pembimbing berdiskusi untuk menetapkan topik atau judul PKL yang akan mereka amati selama berada di mitra PKL.
  6. Mahasiswa melaksanakan PKL minimal 20 hari @8 jam kerja di tempat mitra PKL yang telah menerima mereka.
  7. Penyusunan laporan PKL. Penyelesaian laporan sampai ujian PKL selambat-lambatnya dilaksanakan 3 (tiga) bulan setelah pelaksanaan PKL di lapangan selesai
  8. Melaksanakan ujian PKL setelah pelaksanaan PKL di mitra selesai dan dosen pembimbing memperbolehkan ujian. Ujian dilaksanakan oleh mahasiswa, dengan dosen pembimbing yang sekaligus berperan sebagai penguji secara tertutup
  9. Revisi laporan PKL. Revisi laporan PKL selambat-lambatnya diselesaikan 1 (satu) bulan setelah ujian PKL. Apabila karena sesuatu hal mahasiswa tidak dapat menyelesaikan revisi laporan PKL, maka nilai akan diturunkan ½ grade.
  10. Penyerahan laporan PKL. Laporan PKL yang telah direvisi dan mendapat persetujuan dosen pembimbing maupun penguji dapat segera dijilid lalu diserahkan kepada dosen pembimbing, dosen penguji, perpustakaan, dan bagian administrasi jurusan baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy.

Persyaratan PKL

  1. Mahasiswa telah menyelesaikan sekurang-kurang 80 sks matakuliah
  2. Membuat surat permohonan pelaksanaan PKL yang ditujukan kepada Ketua Prodi dengan melampirkan: (a) Bukti Lunas SPP, dan (b) Transkrip Nilai.